Err.. Cinta Ke?

ALERT: ini bukan tajuk lagu XPDC yaww.. hahaha.. cinta oh cinta.. apalah erti hidup tanpa cinta (sejak bila pulak aku jadi jiwang niii.. haishh!)

wateva.. neverminddd dalam entry ni aku bknnya nak ckp pasal cinta atau nk jd doktor cinta cuma.. renung2kan sejenak perkara2 berikut

Cinta adalah ekspresi jiwa yang didorong oleh suatu keinginan memiliki, menguasai dan atau menikmati (memanfaatkan) atas sesuatu benda atau objek. Cinta yang baik biasanya berganding mesra dengan “kasih”. Tetapi kasih memiliki pengertian yang berbeza. Dalam kasih cenderung kita ingin memberi apa yang kita miliki dan ingin share apa yang kita mampu lakukan kepada orang lain.



Kasih tanpa cinta sangat tidak mungkin. Tetapi cinta tanpa kasih sangat mungkin. Cos' unsur cinta lebih banyak untuk pemuasan/kepentingan diri kita, sedangkan unsur kasih lebih banyak untuk pemuasan orang lain. Biasanya kita sering menggabungkan kasih dengan belas, sehingga terbentuklah ungkapan “belas kasih”. Oleh karena itu, kasih lebih banyak memberi atau mengorbankan kepentingan dirinya sendiri demi kebahagiaan orang lain yang dilakukan berdasarkan perasaan belas.

Cinta yang baik juga sering ditemani oleh “sayang”. Kalau sayang pasti cos' ada cinta, tetapi kalau cinta belum tentu ada sayang. Sayang merupakan sikap tak ingin sia-siakan sesuatu. means, jika kita menyayangi sesuatu benda atau apapun, biasanya kita akan merawat atau memeliharanya dengan penuh perhatian dan kita akan memperlayanya dengan baik. Mengapa kita mengasihi? kerena kita sayang. Kasih dan sayang adalah paduan yang sangat ideal dalam kehidupan, didalam kasih ada sayang, begitu juga dalam sayang ada kasih. Paduan yang erat antara kasih dan sayang akan melahirkan “kemesraan” iaitu meleburnya antara kata-kata dengan perbuatan dalam satu nafas cinta.
Kasih dan sayang hanya mungkin dilakukan oleh seseorang ketika orang tersebut memiliki empati keikhlasan (ketulusan hati) dan kesabaran. So, jika ada pertanyaan “Mengapa kamu mencintai aku?” maka menurut pendapat aku reasonnya adalah “Kerana aku ingin memiliki kau, menikmati kau dan menguasai kau apapun adanya diri kau dengan landasan kasih dan sayang. Aku akan menjagamu dengan sepenuh hati kerena aku perlukan kau dan takkanku biarkan kau terluka.”

Dorongan cinta diantaranya karena kita ingin memiliki, menguasai dan menikmati. Oleh karena itu jika seseorang sedang jatuh cinta (tak kisah la reasonnya) ekses yang paling menonjol adalah munculnya sikap egoisme, cemburu, merindukan, berkorban, suka cita, berkhayal dan waspada karena takut kehilangan..

Di dalam cinta ada paduan gelora jiwa yang teramat kompleks, karena dia melibatkan seluruh perasaan yang ada dalam jiwa seseorang. Oleh karena itu cinta kadang membuat kita lupa. Lupa akan posisi kita sehingga kita sering berbuat tidak adil gara-gara cinta. Cinta sering menjerumuskan kita dalam kegelapan. Padahal, spirit dari cinta seharusnya demi pencerahan bukan untuk merosak dan membakar, sebab lambang dari cinta adalah air jernih yang mengalir tenang. Namun, air yang jernih ini pun blh segera berubah warna menjadi keruh dan menggelegak yang siap menyeret kita dalam pusaran arus deras dan menenggelamkannya. Hal ini terutama untuk jenis cinta yang hanya dimotivasi oleh unsur penguasaan dan kenikmatan demi pemuasan nafsu saja.

Cinta yang digerakkan hanya oleh semangat penguasaan dan kenikmatan demi pemuasan nafsu, sangat berbahaya karena blh membuat hati kita buta atau gelap mata (brutal). Hati yang buta atau mata yang gelap, akan mudah menyeret kita pada perbuatan tidak bertanggung jawab. Berani buat tapi ketika dituntut tanggungjawawabnya akan mengelak dengan berbagai cara dan alasan. Oleh karena itu jangan mudah jatuh cinta oleh objek apa pun termasuk cinta kepada material (harta, tahta dan seks).

hahahaha... itu diaaa bila da freak gal mula berbicara pasal chenta! Bak kata mak saya yg tersayang: tepuk dada, tanya iman, bukan tanya selera taww.. hehe.
Sebab apakah anda bercinta? Suka2? trend? terpaksa? Ikutan? Selamat bercinta y'all!!

0 orang roxxers:

Post a Comment

Sebagai bukti lu seorang manusia, sila beri respon. beep.

 
Copyright©ZyraRoxx Inc.
2012-2015 All Rights Reserved
Protected by Copyscape